HIKMAH…

BERPIKIR SEBELUM BERTINDAK…

“Sebelum setiap menit tindakan, seharusnya ada satu jam pemikiran”. (Henry Ford)

Terdapat sebuah cerita, mungkin cerita ini sudah pernah didengar sebelumnya. Ada seorang wanita, dia adalah seorang bisniswoman. Pada suatu hari, dimana dia akan terbang ke suatu kota untuk melakukan perjalanan jauh. Setelah memesan tiket pesawat, dia mampir ke suatu toko untuk membeli sebuah majalah, secangkir kopi dan sekotak kecil berisi 5 potong donat.

Sembari menunggu pesawat yang akan dia tumpangi, dia duduk di sebuah kursi yang tepat bersebelahan dengan orang asing. Dia membaca majalahnya sambil meminum kopinya dan memakan donat yang telah dibelinya. Tiba-tiba wanita itu kaget ternyata orang asing disampingnya dengan cuek mengambil donat yang telah dibeli tanpa meminta izin terlebih dahulu. Wanita itu tak mampu berkata2 maupun memandangi orang asing itu. Dengan tak tenang ia tetap melanjutkan membacanya.

Setelah beberapa menit ia mengambil donat yang ketiga, tiba2, orang asing itu mengambil donat keempat dan memaknnya. Setelah itu, ia dengan tenang mengambil kotak donat itu dan menawarkan donat terakhir kepada wanita itu. Ini sungguh keterlaluan pikir wanita itu. Lalu dengan kesal dia melotot tak senang kepada orang asing itu lalu menuju ke pesawatnya yang telah siap berangkat. Dengan hati kesal ia membuka tas untuk mengambil tiket pesawat. Di dalam tas itulah ia melihat sekotak donat yang masih utuh dan belum dibuka.

Dari sini dapat diambil pelajaran bahwa sebelum marah2 telaah dulu apa yang terjadi sebelum mengenal betul masalah yang terjadi.

Berpikir sebelum bertindak, mungkin ini hanya sebuah kata yang ringan namun begitu berarti bila dipraktekkan. Prasangka buruk, emosi yang meluap dan kesimpulan tanpa dasar merupakan sekian banyak hal2 yang terjadi dalam kehidupan kita. Betapa kita mudah melakukan suatu kecerobohan dalam menyimpulkan sesuatu yang menyebabkan kita sendiri yang kena dampaknya.

Orang sukses itu selalu berpikir sebelum bertindak. Ia selalu memikirkan strategi dan rencana2 yang matang untuk meraih mimpi2nya. Ia memikirkan berbagai konsukuensi sebelum membuat suatu keputusan. Ia yakin, sekali salah mengambil keputusan dan tindakan , akibatnya fatal bagi keberhasilan masa depan. Itulah yang selalu dilakukan oleh orang yang sukses.

Bagaimana berpikir sebelum bertindak….

Ada 5 tips yang bisa dilakukan agar kita berpikir dahulu sebelum bertindak

1. Pikirkan tujuan bertindak

Sebelum menentukan sesuatu, tetapkan dahulu tujuannya. Ini penting agar kita tahu tujuan yang akan kita capai sudah matang atau belum. Setelah tau tujuannya baru bertindak sesuai tujuan yang ingin kita capai.

2. Gunakan strategi

Strategi adalah bagaimana Anda memainkan peran dan kemampuan adalah tindakan untuk menerapkan strategi. Anda membutuhkan strategi agar bisa memenangkan sebuah pertandingan. Anda membutuhkan strategi agar bisa meraih keuntungan dalam bisnis. Itulah strategi.

3. Perkuat fakta dan Data

Suatu perkataan yang dilontarkan, setiap tindakan yang dilakukan dibutuhkan data dan fakta dari kata2 yang diucapkan karena saat ini begitu banyak orang hanya berbicara tanpa disertai kedua hal tersebut. Seperti contoh wanita diatas yang melakukan kesalahan karena mengira donat yang dimakan orang asing itu milik dia.

4. Kontraol emosi

Ini merupakan faktor penting yang perlu dijaga. Karena saat ini orang begitu cepat marah tanpa disertai tujuan yang jelas. Jika hal ini tak dapat dijaga maka suatu saat nanti ajanga adu mulut bahkan adu fisik takkan terelakkan lagi.

5. Gunakan asumsi yang bijak

Hati2 dalam membuat asumsi. Banyak orang gagal karena salah membuat asumsi. Contoh, seorang istri berasumsi suaminya sudah tidak mencintai dia lagi karena jarang pulang akibat bepergian terlalu jauh. Begitu suaminya pulang langsung saja marah2. Dengan asumsi ini si Istri meminta cerai. Padahal setelah ditelusuri suaminya jarang pulang karena tuntutan pekerjaan. Tindakan yang tidak disertai asumsi yang bijak, membuat kita akan menyesala kelak.

So berpikirlah sebelum bertindak…..

disadur dari buku Hidayah

Leave a comment

Filed under Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s