Tips Menghilangkan Lupa dan Menambah Daya Ingat

5 Perkara Mencerdaskan…

Diriwayatkan Ali bin Abi Tholib bahwa Rasulullah SAW bersabda:”5 perkara dapat menghilangkan lupa dan menambah daya ingat, yaitu (1) bersiwak (menggosok gigi), (2) puasa, (3) membaca Al-Quran, (4) meminum madu, (5) memakan luban (kemenyan arab)”.

Hal-hal yang bisa menimbulkan lupa…

1. Maksiat

2. Gelisah

3.Larut dalam kesedihan dan gundah gulana memikirkan urusan duniawi

4. Sibuk bekerja urusan duniawi

Disadur dari buku “jangan biarkan LUPA menggerogoti Anda” + referensi lainnya…

About these ads

13 Comments

Filed under Artikel

13 responses to “Tips Menghilangkan Lupa dan Menambah Daya Ingat

  1. antipunyablog

    assalamu’alaikum wr wb
    wow…bermanfaat banget infonya…

    haturnuhun…
    -anti-

    • EUIS TIA

      assalamu’alaikum wr wb
      saya ingin bertanya, saya adlh orang yg gampang lupa tuk mengingat sesutu apa saja. dgn cara apapun sy tidak bisa ingat kembali, maka bagai mana cara untuk mengingat’nya kembali. mohon jawaban’nya segera

      • keluargamuslimmipa

        wa’alaikumussalam wr.wb.
        perbanyak solat malam juga bisa menambah daya ingat, dan satu lagi, jauhi maksiat. :)

  2. wah, syukron infonya..
    mudah2an ga cepet lupa, dan ingatannya kuat..

  3. ridho

    asskum
    emang ngak da yang lebih mudah ya,,,,kok semua nya terlalu sulit aq lakukan,,klau da tlg d tls z,,waskum

  4. keluargamuslimmipa

    kalau sulit, lakukan hal yang ringin tapi kontinu..
    jangan diambil semuanya..
    kalau dari saya sih..

    proses mengingat itu butuh konsen serta fokus yang tinggi
    tapi proses mengingat itu banyak caranya
    tergantung orang sih..
    tapi yg paling penting dalam faktor mengingat ialah kebersihan jiwa n hati..
    dimana dengan bersihnya jiwa n hati maka segala informasi yang mau dimasukin jadi masuk

    analoginya sprti gelas kosong..

    gmn kl gelas kosong segala informasi akan masuk n mudah terlihat..

    itu sih..
    kalo masih belum puas akan dicari jawaban lebih detail..

    oy 1 lagi
    supaya mengingatnya tahan lama jangan dipendam sendiri juga, tapi juga disebarkan ke orang lain karena dengan menyebarkan ke orang lain maka pasti kita akan mempersiapkannya terlebih dahulu meskipun persiapan cuma 1 detik
    itu sih..

  5. Aryin

    kayaknya tipsnya gak susah deh…. gampang malah dilakuin… cuma itu loh, susah nyari madu asli hehe…

    — visit http://m.rujakasik.com

  6. assalamualaikum, apa cuma itu tipsnya?

  7. hamba allah

    assalami’alaikum,,
    do’a tuk mngingat hapalan da gk,,,
    dan mnghilang kan lupa,,,?

  8. diyah

    saya mau tanya, bagaimana untuk menghilangkan gelisah dan juga rasa gundah yang kadang sering di alami?

  9. dayi iskandar

    termikasih atas infonya… sangat bermanfaat. semoga kita menjadi orang yang selalu diberi ingatan yang kuat dan tajam

  10. simkuring

    assalamualaikum……
    kalo tips” diatas udah dilakuin tapi masih tetep jdi pelupa gmana??

  11. wah banyak visitornya nih. padahal MILIS ITB udah pindah alamat ke muslimmipaitb.org loh :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s